Cara membuat paspor online dan manual/offline

Share Button

Sedikit sharing terutama yang pengin bikin paspor baru,mudah mudahan membantu ya..

Jangan dikira bikin paspor itu susah, ternyata kalau kita ikutin prosedur yang benar akan terasa mudah dan gampang,tapi tetap kita harus menyediakan waktu yang cukup, memang begitulah semua pelayanan publik kita..gak lepas dari antrian yang paaaannnjjaaaanggg dan laaamaaaa….

paspor online

Tapi ini juga lebih baik daripada semua urusan diserahkan ke biro jasa yang memasang tarif hingga 3 kali lipat.

Mau tahu caranya?..mau..mau? yuk kita simak tulisan di bawah ini…

1. PERSIAPAN

Sebelumsegala sesuatunya alangkah lebih baik menyiapkan syarat syarat yang dibutuhkan untuk membuat paspor,

a. Foto copy KTP ( dikertas A4 ,jangan dipotong ya..)

b. Foto copy Akte kelahiran / ijaszah terakhir.

c. Foto Copy Surat Nikah ( bagi yang sudah berkeluarga )

d. Foto copy Kartu Keluarga.

e. Surat Recomendasi dari atasan ( PNS/karyawan swasta ).

f. Materai Rp.6000

 

Nah kalau semua sudah siap berarti amunisi kita untuk membuat paspor sudah cukup.

Ada 2 cara dalam membuat paspor yaitu secara Online dan Offline.

Tapi kedua cara tersebut syarat dan kita juga diwajibkan datang juga di kantor imigrasi.

Cara online

1. Kunjungi  ke website imigrasi.go.id

2. isi data data yang diperlukan

3. Upload semua persyaratan ( sebelumnya scan semua fotocopy persyaratan di atas).

Lalu cetak dah formulir yg disediakan setelah pengisian data secara online ( semua cara – cara pendaftaran online sudah ada petunjuknya.). jadi satu step proses sdh di penuhi dari rumah tanpa harus ngantri.

4. Lalu bawa formulir yg tadi di print daftarkan ke bagian pendaftaran untuk verifiasi data Ingat semua Fotocopy dan ASLINYA persyaratan tetap di bawa  dimasukkan dalam satu map.

Biasanya gak ngantri dan kita sudah dapat formulir untuk pembayaran.  pembayaran administrasi sebesar Rp.255.000 lalu kuitansi sebagai bukti untuk melalukan wawancara dan foto. Lalu 4 hari berikutnya paspor sudah bisa diambil.

imigrasi

Cara Offline

1.Siapkan semua fotocopy dan aslinya persyaratan diatas.

2. Datang pagi pagi sekali kalaubisa sekitar jam 6 pagi sudah stanby di kantor imigrasi.

3. Setelah jambuka kantor segera ambil formulir ,surat pernyataan pembuatan paspor dan segera isi. Di surat pernyataan tempel meterai lalu tanda tangani.

Ingat pengisisan pengajuan dan data data harus sesuai KTP.

4. Serahkan ke bagian pemberian formulir untuk mendapatkan nomor antrian dan map kuning INI SEMUA GRATIS YA…..

5. lalu duduk manis di kursi antrian, menunggu nomor antrian dipanggil, nah manfaatkan waktu tunggu untuk memeriksa berkas berkas jangan sampai ada yang salah ya…baru deh boleh ngobrol dengan sebelahnya…he..he..cari posisi yang enak dan tentu saja yang  ehmm…biar nggak suntuk.INGAT jangan ketiduran atau meninggalkan tempat terlalu lama ,karena kalau kelewat jangan harap bisa minta duluan untuk diproses ,anda harus ambil nomor antrian lagi…jadi tetap WASPADA…

6. Setelah no antrian dipanggil segera datangi loket penyerahan berkas biasanya LOKET 1. Siapkan juga berkas aslinya terpisah degan berkas fotocopy(berkas fotocopy sdh dimasukkan ke dalam map dari kantor imigrasi)

Karena petugas akan memeriksa dan mencocokkan berkas fotocopydengan aslinya.

7. Setelah selesai diperiksa petugas mengembalikan berkas asli dan mengambil berkas fotocopy untuk diupload dan untuk penginputan data. Jadi anda kembali lagi aja ke tempat duduk untuk tunggu lagi karena bisa memakan waktu sampai 30 menit sampai 1 jam.

8. Setelah selesai petugas menginput data2 kita nama kita akan dipanggil, jadi pasang telinga ya…karena suasananya agak ramai jadi kalau kita meleng ya lewat lagi/ jadi lama deh.

Kita akan dapat surat untuk membayar di kasir..cuma gak bisa hari itu biasanya 2 hari kemudian kita bisa membayar tanggal pembayaran sudah tertera di surat yg di kasih  tadi . Jadi mending pulang aja ya..lagian ngapain lama lama di kantor imigrasi..ya nggak .?

9. Dua hari kemudian anda datang lagi, kalu bisa sehabis subuh sudah nyampe..karena tetap antrian tetap paaanjaang da laaamaaa…langsung kalau kantor imigrasi sudah buka ambil no antrian...INGAT BERKAS ASLI HARUS DIBAWA….

10. Duduk manis lagi tunggu nomor antrian untuk dipanggil…padahal kita mau bayar ya..tapi ngantri juga ya..

11. Setelah dipanggil kita bayar  ke LOKET 2 tentunya sebesar Rp.255.000 gak kurang gak lebih alias pas…nah sama petugas  kertas perintah bayar tadi di cap LUNAS dan no antrian digunakan untuk wawancara da foto.

12. Kita duduk manis lagi di depan LOKET 3, untuk dipanggil wawancara dan foto.

Proses ini lebih cepat dari pada proses di LOKET 1..

Sambil nunggu antrian kita boleh ngobrol sama sebelahnya tapi tetap pasang telinga kalau kalau nomor antrian kita dipanggil.

Karena INGAT kalau sampai terlewat kita di panggil gak ada kita harus mengambil nomor antrian lagi dan biasanya jatuhnya rangking 10 dari belakang CAPE>>>DECH..

13. Setelah dipanggil kita masuk keruang Foto ingat karena latar belakang pengambilan foto berwarna putih maka kita diharuskan memakai pakaian yang berwarna atau gelap..dan berpakainlah yang rapi dan sopan. Jangan narsis dan pake gaya macem2…cukup duduk  foto langsung selesai.

14. Selesai foto kita cap sidik jari.

15. Lalu proses terakhir yaitu wawancara

materinya ya pertanyaan sekitar data diri kita, pembuatan paspor baru atau perpanjang, serta tujuan kita ke mana dan dalam rangka apa…

16. Kalau wawancara selesai kita mendapat surat untuk pengambilan paspor

4hari kemudian.

Jadi total waktu pembuatan paspor adalah 8 hari kerja…DAN JANGAN PERCAYA KALAU ADA ORANG YANG MENAWARKAN BIKIN PASPOR  SEHARI/DUA HARI KERJA…

LEBIH baik  NGURUS SENDIRI DARIPADA DISERAHKAN KE CALO/BIRO JASA…kecuali anda tidak ada waktu atau siap keluar biaya sampai 3 kali biaya resmi. Tapi tetap saat proses foto dan wawancara anda harus datang ke kantor imigrasi. Ada yang pernah bikin SIM nah kurang lebih hampir sama lah prosesnya.

17. Proses terakhir adalah pengambilan paspor di hari yang ditentukan…jangan sampai lupa kalau tidak ANDA TIDAK AKAN BISA KE LUAR NEGRI..he..he.

Demikianlah cara cara buat paspor online maupun manual/offline, semoga bermanfaat, kalau ada yang kurang tolong dikoreksi ya…karena ini juga berdasarkan pengalaman pribadi….denganberjalannya waktu mungkin pembuatan paspor akan gratis dan proses cepat…makanya dukung SAYA di pemilihan presiden periode berikutnya ya….ha..ha..ha.

 

Tapi memang beg

Share Button

Incoming search terms:

53 thoughts on “Cara membuat paspor online dan manual/offline”

  1. Makasih infonya pak,memang ngantri cukup lamaaaa dan panjaaaaaaang kalah sama biro jasa yg kasih tumpukan map dan tentunya ada tipnya,jadi kita lama karena diserobot sama mereka mereka….dan yg bikin miris pegawainya imigrasi udah berhijab dan bertopi haji masihhhh aja terima pungli…ini pengalaman buat pasport di depok.semoga Indonesia makin baik lagi….khususnya kantor pelayanan publik

    1. mudah2an itu hanya oknum aja….mudah2an juga masih banyak yang jujur dan transparan…tapi sekarang walaupun masih panjang antrian lebih baik dan imigrasi terus berbenah…yang penting kita sebagai klien masih tetap mengikuti aturan dan masih prosedural dalam membuat paspor….penyimpangan ada karena ada kesempatan ..

    1. rekomendasi dari pimpinan instansi atau perusahaan tempat kita bekerja apabila kita sebagai karyawan/pns, yang isinya adalah menerangkan bahwa benar sebagai karyawan suatu perusahaan atau instansi dan tujuan pembuatan paspor untuk apa.

  2. Gan mo tanya dung, klo tujuan buat pasportnya untuk bulan madu, masih harus buat surat rekomendasi dari perusahaan gak??? makasih sebelumnya

    1. Bisa 2 kali…sekali verifikasi dan penyerahan berkas Asli untuk so ek dan pembayaran lalu foto dan wawancara yg kjedua pengambilan paspor yg sdh jadi ..trims dah berkunjung

  3. mas mau tanya, saya sudah daftar online tapi disana dituliskan tangal kedatangan di kanim tanggal 04 juni 2013. nah pada tanggal tersebut kita sudah memegang paspornya atau harus menunggu beberapa hari lagi untuk mengambil paspor? kemudian kalau sudah daftar online apakah masih bisa daftar offline? mohon infonya ya gan :)

    1. tanggal tsb hrs datang untuk verivikasi data,dengan membawa data asli dan fotocopy,setelah itu mendapat surat pengantar untuk membayar biaya paspor lalu dilanjutkan foto dan wawancara,lalu 2 hari berikutnya adalah pengambilan paspor yg sdh jadi,semoga bisa menjelaskan,trims atas kunjungannya

      1. kang saya baru daftar online kemarin hari sabtu malam tgl 25 mei 2013 .. semua sudah sampai tahap akhir sampai ke klik ok untuk menampilkan hasil dari proses pendaftaran yg berbentuk pdf kang ? jadi yg harus di print itu yg dari pdf itu ya kang ??

        thanx

    1. setelah daftar online dan ketika print akan ada perintah untuk datang ke kantor imigrasi pada tanggal yang ditetapkan..biasanya dua hari setelah daftar online

  4. mas,kalo misalnya mahasiswa,trus mau buat gmna?btuh surat rekomendasi??
    trus kalo misalnya ktp aq daerah sulawesi,trus aq bkin passportnya d jogja,bisa gak??
    tq….

  5. wah jadi saya nyesel ga dari dulu saja saya membuat paspor karena sekarang sudah mepet gtw gmana ya

    waktu ane tanggal 10 skr harus berangkat undangan seminar ke singapura gan bisa ga ya?

  6. Siang Pak….cmn mau sharing….setelah beberapa kali mencoba daftar online tp tidak berhasil (mencobanya seminggu lebih, udah cb dr subuh, pagi, siang, malam, tengah malam) server respond too long katanya hehehehe. Akhirnya hari ini sy mencoba dtg langsung ke imigrasi jakarta timur. Sy sdh mencoba mempersiapkan seluruh dokumen tp masi ada yg ketinggalan yaitu : kl utk anak selain KK dan akta lahir, hrs ada FC KTP Ibu-Bapak dan akta nikah. Kebetulan keponakan jg mau bikin. Dan berhubung Ibunya sdh meninggal maka surat kematian jg hrs dilampirkan.
    Tadi datang jam 7 sudah penuh sesak lobby imigrasi, ternyata sudah berjejal org antri utk mendapatkan nomer antrian utk memasukkan berkas. Dan utk memasukan berkas perlu isi formulir terlebih dahulu tapi loket formulir belum dibuka. Dan petugas tidak akan mau memberikan nomor antrian kl blm ada formulirnya.
    Jadi tadi sy cmn bs ambil formulir saja. Karena sesudah sy dpt formulir nomer antrian sudah abis karena dibatasin cmn bs menerima 150 permohonan visa. Yaaah sbg warga negara yg baik saya akan coba ikutin birokrasi yg ada saja. InsyaAllah sy sharing lg besok ;)
    Wassalam

      1. Day 2: abis subuhan langsung capcus ke Imigrasi. Alhamdulillah dapat nomer antrian 16-20. Biarpun ada omongan banyak amat anaknya Bu x_x Alhamdulillaaah pak…banyak rezekinya…..tips…makesure semua dokumen asli dibawa dan difotocopy dengan benar. FC Ktp jgn dipotong, buku nikah dlm 1 halaman, kl utk anak2nya FC KTP Ibu-bapak dalam 1 halaman, akta lahir, akta nikah, akta cerai kl kedua ortunya sdh bercerai, surat kematian kl ortu salah satu sdh meninggal. Alhamdulilah skrg proses memasukkan berkas sudah selesai tgl 27 Des kembali lagi utk foto dan wawancara semua dokumen asli hrs dibawa, utk anak2nya kedua ortu hrs hadir juga. Sekian dan terima kasih. *lap keringet*

        1. perjuangan yang membawa hasil ya bu…trims masukan dan sharingnya ,ditunggu sharingnya kalau sdh nyampe di negri orang sebagai pembanding pelayanan keimigrasian di luar negri..dengan di indonesia…walaupun begitu I LOVE INDONESIA

    1. sudah menjadi budaya kita kalau pelayanan publik betul betul menguras tenaga dan waktu,padahal sistem online sudah benar2 efectif dalam hal pelayanan publik,padahal juga sumber daya kita sudah mumpuni cuma bagaimana keseriusan pemerintah dalam hal mengonlinekan sistem pelayanan publik menjadi alternatif terbaik, trims atas sharingnya semoga sangat berguna bagi pembaca yang lain…ditunggu sharing2 berikutnya

  7. Terima Kasih banyak dengan panduan membuat paspor di tahun 2014 ini. Kami ingin mengundang ibu orang gaptek dari Waduk Kedungombo ke Amsterdam Belanda. Sekali lagi terima kasih, semoga kebaikan Mas Imam mendapat balasan yang melimpah dari Allah.

  8. Wah bisa daftar pake online juga ya… Minta izin ngutip infonya ya untuk dimasukkan ke artikel saya. Nanti saya akan link informasi pendaftaran online ke halaman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>